Hydrosix dengan Airboat menembus padatnya tanaman enceng gondok

Eceng gondok (Eichhornia crassipes) merupakan jenis tumbuhan air yang hidup mengapung. Di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal sebagai Kelipuk, di Lampung dikenal dengan Ringgak, di Manado dikenal dengan nama Tumpe

Menurut sejarahnya, eceng gondok ditemukan pertama kali oleh seorang ilmuwan bernama Carl Friedrich Philipp von Martius, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman pada tahun 1824 di Sungai Amazon Brasil.

Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. Pertumbuhan enceng tersebut akan semakin baik apabila hidup pada air yang dipenuhi limbah pertanian atau pabrik. Oleh karena itu banyaknya enceng gondok di suatu wilayah sering merupakan indikator dari tercemar tidaknya wilayah tersebut.

Dampak Negatif

  1. Meningkatnya evapotranspirasi (penguapan dan hilangnya air melalui daun-daun tanaman), karena daun-daunnya yang lebar dan serta pertumbuhannya yang cepat.
  2. Menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air (DO: Dissolved Oxygens).
  3. Tumbuhan eceng gondok yang sudah mati akan turun ke dasar perairan sehingga mempercepat terjadinya proses pendangkalan.
  4. Mengganggu lalu lintas (transportasi) air, khususnya bagi masyarakat yang kehidupannya masih tergantung dari sungai seperti di pedalaman Kalimantan dan beberapa daerah lainnya.
  5. Meningkatnya habitat bagi vektor penyakit pada manusia.
  6. Menurunkan nilai estetika lingkungan perairan.

 

Hydrosix dan Airboat

Hydrosix dan team bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat setempat turut serta dalam upaya menanggulangi dampak negatif dari pertumbuhan dan penyebaran eceng gondok dengan cara menggunakan perahu bertenaga angin yang biasa dikenal sebagai airboat. Airboat bisa bergerak di air dangkal dan diatas permukaan datar lainya termasuk diatas eceng gondok.  Kelebihan lain dari airboat ini adalah mempunyai tenaga yang cukup besar untuk mendorong dan mengangkut eceng gondok ketepian yang kemudian oleh masyarakat diangkut dan dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan dan aneka kerajinan